Pendahuluan
Jaringan yang terbentuk di dalam sistem
terdistrinbusi dibangun dari berbagai macam media transmisi, hardware,
software, driver.Seluruh fungsi dan performa dari sistem
terdistribusi tergantung dari seluruh aspek yang ada pada ketiga unsur
diatas, communication subsystem Internet adalah sebuah subsystem
komunikasi tunggal yang menyediakan komunikasi antara semua host
yang terkoneksi ke dalam jaringan tersebut. Internet dibangun
dari beberapa subnet Subnet adalah serangkaian node yang saling
terkoneksi Desain komunikasi dari subsystem sangat tergantung dengan
karkteristik dari sistem operasi yang digunakan pada komputer,
sistem terdistribusi memkomposisikan semua jaringan tersebut dan
membuat mereka mampu terhubung satu sama lain.Semakin kedepan, dengan
semakin berkembangnya komunikasi serta komersialisasi dari
internet dan munculnya model-model baru yang digunakan,
model-model tersebut meningkatkan kebutuhan secara drastis dalam
hal realibility, scalability, mobility, security dan quality of
service .
Permasalahan Jaringan untuk Sistem Terdistribusi
Performance,
parameter performa jaringan yang paling diperhatikan adalah performa
yang mempengaruhi kecepatan sebuah pesan individu dapat disalurkan
antara dua komputer yang saling terhubung
Latency, adalah jeda
yang muncul setelah pengiriman dijalankan dan sebelum data mulai
tersedia pada tujuan. Hal tersebut dapat diukur sebagai waktu yang
dibutuhkan untuk mentransfer pesan yang kosong
Data transfer
rate, adalah kecepatan dimana data dapat dikirimkan antara dua
komputer di dalam jaringan seketika setelah transmisi dilaksanakan,
biasanya diukur dalam ukuran bits per secondwaktu yang dibutuhkan
suatu jaringan untuk mengirimkan pesan yang di dalamnya terdapat
beberapa bits data antara dua komputer dapat dirumuskan sebagai berikut
Message transmission time = latency + length / data transtfer rate
Pesan
yang lebih panjang disegmentasikan dan waktu transmisi adalah
penjumlahan dari waktu ditambah dengan waktu untuk melakukan
segmentasi.
Transfer rate dari jaringan ditentukan oleh
karakteristik fisikm termasuk dengan latency yang ditentukan oleh
software, delay pada saat routing, dan load-dependentTotal system
bandwidth, dari jaringan diukur dengan throughput – total volume dari
trafik yang dapt dikirimkan melalui jaringan pada suatu waktu
yang dibutuhkan
Scalability, jaringan komputer adalah
bagian yang tidak tergantikan pada infrastruktur peradaban modern.
Perkembangan jumlah host komputer meningkat Potensi ukuran internet
ke depan bisa di bandingkan dengan jumlah populasi total di muka
bumi Teknologi jaringan yang ada walau bagaimanapun tidak di desain
untuk mampu mengatasi skala penggunaan bahkan untuk skala
penggunaan
sekarang ini. Tetapi internet tetap harus mampu bekerja secara baik.
Beberapa substansi internet berubah, terutama pada hal
pengalamatan addressing dan mekanisme routing yang di rencanakan
mampu mengatasi peningkatan skala pertumbuhan internet. Dalam sebuah
referensi berjudul "the world wide wait", bahwa latency telah
menurun dalam beberapa tahun terakhir, dari waktu rata-rata round
sekitar 100ms menjadi 150ms.
Reability, banyak aplikasi mampu
untuk memperbaiki diri dari kesalahan komunikasi dan oleh sebab
itu tidak membutuhkan garansi error free communication. End to end
mendukung sudut pandang bahwa komunikasi subsystem membutuhkan
tidak mempunyai error secara total
Security, pertahanan
level pertama yang diadopsi oleh banyak organisasi untuk
mengamankan jaringan dan komputer adalah dengan menggunakan
firewall. Tujuan dari firewall adalah untuk melindungi resource di dalam
semua komputer di dalam sebuah organisasi dari akses oleh
pengguna dari luar yang dapat menggunakan, memproses dan mengontrol
resource diluar dari firewall
Quality of Service, applikasi
yang mentransmisikan data multimedia membutuhkan bandwidth yang
dapat diandalkan dan batas latency untuk channel komunikasi yang mereka
gunakan
Multicasting, kebanyakan komunikasi dalam sistem
terdistribusi antara bagian-bagian pemroses, namun kadang-kadang juga
membutuhkan model komunikasi one to many.
Tipe – Tipe jaringan Internet
Local Area Networks (LANs), LAN memuat
pesan secara relatif dengan kecepatan yang tinggi antar komputer yang
terkoneksi dalam media komunikasi tunggal. Segmen dalam LAN adalah
bagian dari kabel yang melayani sebuah jaringan yang memungkinkan
mempunyai banyak komputer terhubung. Media yang digunakan bisa berupa
twisted copper, atau kabel coaxial dan fiber optik. Dalam local area
network, total sistem bandwidth bernilai besar sedangkan latency
bernilai sangat rendah, kecuali jika trafik dari pesan sangat tinggi.
Wide
Area Networks (WANs), WAN memuat pesan pada kecepatan yang lebih rendah
antara node yang biasanya berada pada organisasi berlainan dengan jarak
pisah yang lebih besar. Implementasi jaringan tipe ini biasanya berada
pada kota-kota yang berbeda, negara bahkan benua. Media komunikasi di
set dengan menggunakan circuit linking yang mempunyai unit proses
sendiri, circuit biasa disebut dengan routers.
Metropolitan area
network (MANs), tipe jaringan yang didasarkan pada high bandwidth
tembaga dan kabel serat optik. Pengkabelan ini dapat memberikan
kecepatan transfer data yang kompatibel dengan persyaratan sistem
terdistribusi. Berbagai teknologi telah digunakan untuk menerapkan
routing data dalam MANs, mulai dari Ethernet ke ATM. IEEE telah
diterbitkan spesifikasi 802,6 [IEEE 19.941, yang dirancang khusus untuk
memenuhi kebutuhan Mans, dan implementasi pembangunan itu berada di
bawah.
Wireless Networks adalah jaringan yang paling baik bagi
perangkat genggam dan portabel yang memerlukan komunikasi wireless.
Banyak teknologi komunikasi wireless digital telah muncul baru-baru ini.
Beberapa, seperti IEEE 802.11 (WaveLAN) menawarkan transmisi data pada
2-11 Mhps lebih dari 150 meter, dan juga wireless jaringan area lokal
(WLAN) yang dirancang untuk digunakan sebagai pengganti kabel LAN.
Jaringan lain dirancang untuk menghubungkan ponsel ke ponsel lain atau
perangkat tetap. Teknologi ini terkadang disebut sebagai Wireless
personal area network(WPANs). Contoh penerapannya : link infra-merah dan
BlueTooth radio berdaya rendah teknologi jaringan data menawarkan
transmisi antara 1-2 Mbps pada jarak 10 meter. Jaringan ponsel
berdasarkan teknologi wireless : GSM, AMPS dan CDPD, Jaringan ponsel
dirancang untuk beroperasi di daerah yang luas (biasanya seluruh negara
atau benua) melalui penggunaan sambungan radio selular; fasilitas
transmisi data mereka menawarkan wide-area mobile Koneksi ke Internet
untuk perangkat portable. Jaringan selular menawarkan kecepatan data
yang relatif rendah 9,6-19,2 kbps, tapi pengganti jaringan transmisi
data yang direncanakan dengan rates dalam kisaran 128b kbps - 384 kbps
untuk radius beberapa kilometer dan sampai 2Mbps untuk sel-sel yang
lebih kecil.
Internetwork, internetwork adalah subsistem
komunikasi di mana beberapa jaringan terhubung bersama-sama untuk
menyediakan fasilitas komunikasi data umum serta membungkus
(menyembunyikan) teknologi dan protokol jaringan komponen individu dan
metode yang digunakan untuk interkoneksi mereka.
Berikut karakteristik tipe jaringan secara umum :
Perbandingan jaringan dari tabel menunjukkan rentang dan
karakteristik dari performance berbagai jenis jaringan yang telah
dibahas. Titik tambahan perbandingan yang relevan bagi sistem
terdistribusi adalah frekuensi dan jenis kegagalan yang pada berbagai
jenis jaringan. Keandalan yang mendasarinya mekanisme transmisi data
sangat tinggi di semua jenis kecuali jaringan nirkabel, di mana paket
sering hilang karena gangguan eksternal. Dalam semua jenis paket
jaringan mungkin hilang akibat keterlambatan pemrosesan atau buffer
overflow di tempat tujuan.
Prinsip Jaringan
1. Packet Transmission adalah pesan yang urutan dari item data panjang. Pembatasan panjang packet yang digunakan :
- Sehingga setiap komputer di jaringan dapat mengalokasikan buffer penyimpanan yang cukup untuk menahan kemungkinan terbesar masuk paket
- Untuk menghindari penundaan yang tidak semestinya
2.
Data Streaming adalah transmisi streaming video secara real-time. Untuk
menampilkannya membutuhkan bandwidth sekitar 1,5 Mbps jika data
dikompresi atau 120 Mbps jika tidak dikompresi. Waktu permainan “the
play time‟ pada unsur multimedia adalah waktu di mana ia harus
ditampilkan (untuk video) atau diubah ke audio (untuk sampel suara).
Misalnya, dalam suatu aliran frame video yang memiliki frame rate 24
frame per detik, frame N memiliki waktu bermain yang N/24 detik setelah
sungai yang waktu mulai. Unsur yang tiba di tempat tujuan paling lambat
waktu bermain mereka tidak lagi berguna dan akan dikeluarkan oleh play
time.
3. Switching Scheme adalah sebuah jaringan terdiri dari satu set node dihubungkan bersama oleh sirkuit. Ada 4 jenis switching :
- Broadcast adalah sebuah teknik transmisi yang tidak melibatkan switching.
- Circuit switching, pada waktu jaringan telepon adalah satu-satunya telekomunikasi jaringan.
- Paket switching pada tingkat dasar membawahi pengolahan dan penyimpanan.
- Frame Relay store and forward network paket transmisi tidak dibuat seketika. Jaringan tersebut biasanya mengambil dari beberapa puluh mikrodetik untuk beberapa milidetik untuk beralih sebuah paket melalui jaringan cach node, tergantung pada ukuran packet, kecepatan dan hardware jumlah lalu lintas lainnya.
4. Protokol
digunakan untuk merujuk seperangkat aturan well-known dan format untuk
ia gunakan dalam komunikasi antara proses-proses pada perfoma tugas
tertentu. Terdapat dua bagian penting : spesifikasi urutan pesan yang
harus dipertukarkan dan spesifikasi format data dalam pesan. Macam-macam
protokol :
* Protokol layer adalah jaringan software diatur dalam hierarki lapisan.
- Protokol layer adalah jaringan software diatur dalam hierarki lapisan.
- Protokol suite adalah sebuah set lengkap lapisan protokol disebut sebagai sebuah protokol suite atau protocol stack, tercermin dari struktur yang berlapis-lapis. Contoh : OSI layer.
- Packet asemmbly bertugas membagi pesan ke dalam paket-paket sebelum transmisi dan reassembling mereka di komputer penerima biasanya dilakukan pada lapisan transport.
- Port transport layer bertugas untuk memberikan pesan independen service transportasi antara port jaringan
- Addressing untuk menyampaikan pesan ke tujuan dengan alamat transport yang terdiri dari alamat nerwork host komputer.
- Packet delivery yang terdiri dari : paket datagram delivery dan virtual circuit packet delivery.
5. Routing adalah sebuah fungsi yang dibutuhkan pada semua jaringan kecuali LAN seperti Ethernet
6. Congestion Control adalah kapasitas jaringan dibatasi oleh performa jalur komunikasi dam node switching
7.
Internetworking untuk membangun network yang terintegrasi
(internetwork) kita harus mengintegrasikan beberapa subnet,
masing-masing berbasis satu teknologi jaringan.
Video pendukung :
https://www.youtube.com/watch?v=i5oe63pOhLI
Dibuat oleh :
Elly Susilowati
Desepta Isna Ulumi
Muhammad Hanif Abdillah
Video pendukung :
https://www.youtube.com/watch?v=i5oe63pOhLI
Dibuat oleh :
Elly Susilowati
Desepta Isna Ulumi
Muhammad Hanif Abdillah
0 komentar:
Posting Komentar